TIPS KE JEPANG TANPA REPOT DAN TANPA LAMA

*This post is purposefully written in Bahasa to feed the Indonesian readers*

Visa Jepang untuk pemilik E-Passport

Jadi sebenernya untuk WNI yang udah punya E-Passport (actually, yang bener itu biometric passport, tapi ngga tau deh kenapa panggilan yang hits jadinya E-Passport wkwkwkwk) itu ngga perlu apply tourist visa lagi buat ke Jepang. Tapi kita tetep perlu apply visa waiver. Nah yang pada mau ngurus visa waiver itu harus liat domisili nya. Untuk domisili Batam itu ngga bisa bikin nya di kedutaan besar Jepang yang ada di Jakarta. Karna Batam masuk wilayah Sumatera, jadi domisili Batam harus bikin visa waiver nya di kedutaan besar Jepang yang ada di Medan. Aplikasi visa waiver ini ngga pake biaya apa apa, alias gratis. Tapi karna aku tinggal nya di Batam, tetep aja harus ke Medan dulu kan cuy? Harus beli tiket pp ke medan, penginapan, dll, repot kan? Nah kemaren itu aku dibantu ama Panorama Tours Medan. Jadi tinggal ngirim E-Passportku aja ke mereka, nah mereka yang ngurusin. Biaya nya murah kok IDR150.000 untuk diurusin sama Panorama Tours Medan. Proses nya bentar, dua hari kelar. Daripada harus ke Medan men? Harus beli tiket pesawat, ngurus penginapan, ongkos taksi, ngantri di kedutaan, dll? Mendingan duitnya wa pake buat jajan dah di Jepang? TQ!!!!

Iya wa tau ini foto semutnya banyak banget, wa juga ga tau kenapa bisa begini

Mungkin ada yang pada bingung, beda nya tourist visa sama visa waiver? Toh dua duanya tetep harus apply sebelum WNI bisa masuk Jepang. Jadi gini bapak ibu. Untuk WNI yang masih pake passport standar (yang bukan E-Passport) itu harus apply tourist visa. Sedangkan yang udah punya E-Passport, apply nya visa waiver aja. Kalo visa waiver itu aplikasi nya cuma pake passport doang. Ngga pake yang lain lain sama sekali. Kalo tourist visa kan aplikasi nya harus pake bukti tiket pesawat pp Jepang-Indonesia, harus pake bukti rekening koran, booking penginapan di Jepang, itinerary selama di Jepang ngapain aja, contact person nya disana, dll. Repot kan? Terutama bagi yang mau jalan jalan tapi rekening tabungan nya ngga mendukung. Jadi menurutku sih, yang udah pada punya passport standar (atau yang belum punya passport), bikin aja E-Passport sekalian. Harganya sedikit diatas pembuatan passport biasa (kemaren aku buat nya sekitar 900ribuan kalo ga salah). Untuk saat ini, pemegang E-Passport bisa masuk ke Jepang dan Taiwan without visa. God knows in the future bakalan nambah nih list visa-free-country?

This is what the visa waiver sticker looks like (the one on the right).

Another advantage of this is that, ini expire nya tiga tahun. Jadi kita bebas keluar masuk Jepang selama tiga tahun kedepan, asalkan setiap kali masuk itu keluar dalam waktu 15 hari. Jadi men kalo wa tiba tiba ada rejeki nomplok mau ke Jepang lagi buat ke Harry Potter studio, tinggal berangkat aja! Tahun depan pengen sih kesana lagi, ada yang mau ikut? *colek teh cipah*

  • Comments

  • Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOP